TLOU Part 2: Abby Edition

Saya pribadi tidak pernah berharap adanya The Last of Us Part II / TLOU2, karena bagi saya game pertama TLOU sudah memiliki akhir cerita yang memuaskan.

Tapi, para produser dan orang-orang dibalik TLOU sepertinya tidak setuju. Mungkin karena masih ada cerita yang ingin diceritakan, uang yang ingin diraih dan petualangan yang ingin dilanjutkan.

TLOU2 hadir dengan kelanjutan kisah dari Ellie dan game ini membunuh Joel dengan ‘terlalu mudah’ diawal game. 30% awal game dipenuhi dengan amarah Ellie yang terlalu dalam, intrik-intrik ‘progresif’ yang kayaknya lagi tren di industri game hingga…

Cerita dari Abby membuat saya berpikir bahwa wajah Abby-lah yang harus menjadi cover dari game ini dan bukan Ellie. Kenapa?

Karakter Abby lebih loveable, dewasa dan keputusan-keputusan yang diambil mengingatkan kita pada Joel. Ellie terlalu dipenuhi oleh amarah-amarah tidak perlu dan justru kontradiksi dengan hubungannya dengan Joel di game kedua.

Zombie bukan lagi menjadi hal yang menakutkan di TLOU2, justru manusia lainlah yang lebih menakutkan. Kini, ending dari TLOU2 membuat saya berharap adanya seri berikutnya supaya seri video game ini punya ending yang lebih memuaskan seperti game pertamanya, bukan ending setengah hati seperti TLOU2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *